Monday, September 29, 2008

Just Check it Out: New Feature in my Blog!

Dear Friends,

i would like you to know that recently i am adding some new tools to make this blog more sociable..

So just take a look at the right side of this blog and join! it's simply and worthy!


thanks for ur time

have a nice day!

Saturday, September 27, 2008

jadi apa jawabmu wahai aktivis?

wahai kawan, izinkan saya berkisah....
hari ini seorang kawan berkata bahwa mereka tidak mengenalmu!

ia mengeluh bahwa engkau ini hanya menghabiskan waktu dengan duniamu.. dengan aksi-aksimu yang tiada berguna!
ia bilang ia melihatmu di TV..
di kampus-kampus...

dan itu sudah cukup baginya untuk menyimpulkan bahwa perjuanganmu sia-sia..

berapa banyak perjuanganmu yang mencapai tujuannya? oleh karena itu, ia merasa tidak perlu mengenalmu terlebih mengenal apa urusanmu karena tiada urusan baginya untuk mengetahui urusanmu ia berpesan padaku... kalau engkau ingin mengenalnya maka datanglah engkau kepadanya


bagaimana tanggapanmu terhadap berita ini kawan?
apa yang sebenarnya kau cari?

apakah dikenalnya dirimu itu penting bagimu?

apa yang akan engkau katakan kepadanya kawan?

apakah engkau akan berkata..

engkau salah besar wahai kawan!
perjuangan kami ini besar..

wajar kalau engkau tidak mengenalku..

karena engkau tiada pernah menyapaku..

aku sudah terlalu sibuk dengan urusanku yang besar-besar!

tiada lagi waktuku untuk mengurus orang sepertimu..
biarlah kicauanmu itu mengiringi perjalanan kami
kami ini tulus..


baiklah.. kalau begitu apakah tulusmu itu dalam bahasa?
kalau begitu, yakinkanlah aku!!

aku sama sekali tidak percaya akan bualan ketulusanmu!

mana mungkin!

kini katakanlah kepadaku, seberapa besar mimpimu?
cukupkah besar untuk menggelembungkan semangatku?

atau itu hanya cukup untukmu.. dan untuk kawan-kawanmu?

tiada sisa untuk orang-orang sepertiku.

hidup mahasiswa!

begitu teriakmu

mahasiswa yang mana?

hidup rakyat Indonesia!
rakyat Indonesia?

apakah benderamu..
yang kau kibarkan tinggi-tinggi dengan penuh kebanggaan itu mahasiswamu?
atau itu rakyatmu?
bingung aku melihat sepak terjangmu..

kau sama saja seperti para bapakmu!!

mereka bilang mereka yang terhormat..

padahal tidak sedikit orang yang melaknat

jadi, apakah kamu juga sebagai yang terhormat?
apa sudah lakumu?
jadi apa solusimu bagi kenaikan BBM yang begitu tinggi..
apa solusimu untuk negeri ini yang kelaparan?

apa solusimu akan hiruk pikuk kebosanan demokrasi?

uang itu habis, semakin banyak mengemis
jadi apa wujudmu?
kemana sebenarnya tujuanmu?
tunjukkan besarnya harapanmu.. yang realistis.. yang praktis..

tiada perlu mengawang

jadi apa jawabmu?
yakinkanlah aku!





gambar diambil dari: http://blahblagadah.blogsome.com/images/thumb-tuguRakyat_blogsome.jpg


Friday, September 26, 2008

Kesempatan Beramal!


assalamua'laikum kawan...

Di bulan ramadhan ini, saya ingin berbagi. Minimal berbagi kesempatan beramal untuk kawan-kawan sekalian. Mulai dari amal jariyah sampai amal untuk meringankan beban penderitaan terhadap sesama.

Melalui blog ini, saya ingin berbagi informasi mengenai kesempatan beramal baik yang "tepat sasaran". Insya Allah ini salah satu ikhtiar saya untuk senantiasa berusaha seoptimal mungkin untuk membantu sesama dan mengharap ridhoNya.

Bila ada kawan-kawan atau keluarga yang saat ini berniat untuk berinfaq dan menafkahkan sebagian hartanya, saya SANGAT MEREKOMEN kawan-kawan untuk mengalamatkannya ke dua alamat ini:

1. Salah seorang saudari kita di Unpad ada yang mengalami musibah kecelakaan. Motor yang ia tumpangi bersama dengan suami dan anaknya tertabrak di daerah Nagrek. Kecelakaan ini menewaskan suami dan anaknya.

Sementara, beliau (seorang perempuan, mantan aktivis unpad yang senang membantu sesama) sampai dengan saat ini masih terbaring dalam kondisi kritis di rumah sakit.
Dokter mengarahkan untuk segera mengamputasi kakinya. Namun, hingga saat ini operasi masih belum dapat dilaksanakan karena terbentur biaya. Dibutuhkan dana lebih kurang 50 juta rupiah untuk melakukan operasi tsb.

bagi kawan yang ingin membantu meringankan penderitaan yang ia alami, berikut alamat rekening untuk membantunya:

Bank Bukopin Syariah Melawai, rek 7701009491 a.n Widiastuti
atau
Bank BCA, rek 6330425502 a.n Niken Ayunda Latifah


2. Di salah satu kawasan di jalan Sayang (kol.ahmad syam), terdapat sebuah masjid yang berdiri di atas sebuah tanah wakaf. Bila kita masuk ke jalan sayang melalui jalan jatinangor raya menuju dangdeur, masjid ini terletak di sebelah kanan jalan, sekitar 100 meter sebelum komplek Puri Indah. Masjid ini dikenal dengan nama "Masjid Asaakir".

Saat ini, di lahan yang masih kosong di halaman masjid tsb sedang diupayakan untuk membangun sebuah gedung Taman Pendidikan Quran. Gedung ini kelak diharapkan dapat menjadi salah satu tempat kajian Islam yang dapat digunakan oleh anak-anak di sekitar jatinangor untuk belajar mengaji, masyarakat yang ingin menimba ilmu agama untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan terbuka pula bagi mahasiswa yang ingin belajar lebih banyak tentang Islam.

Alhamdulillah saat ini, bangunannya sudah sekitar 50% selesai. Tiang beton dan 3 ruangan kelasnya sudah mulai terlihat. Namun, karena keterbatasan dana, proses pendirian gedung Taman Pendidikan Quran tsb berlangsung sangat lambat. Pembangunannya pun terpaksa dihentikan, karena belum ada dana yang memadai. Bangunan tsb belum dapat digunakan karena lantainya masih belum dapat dipergunakan. Saat ini masih sangat sedikit orang yang memperhatikan pembangunan Gedung Taman Pendidikan Quran ini.

melalui tulisan ini, saya ingin mengetuk pintu hati kawan-kawan yang ingin membantu mewujudkan rumah Allah tsb. menjadi salah satu amal jariyah bagi kita kelak.

Untuk pembangunan gedung Taman Pendidikan Quran ini, kawan-kawan bisa menyumbangkan semampu kawan-kawan. Boleh 1000 rupiah, 2000 rupiah yang kawan-kawan sisihkan dari uang jajan atau penghasilan kawan-kawan.

Namun juga tidak menutup kesempatan bagi kawan-kawan yang ingin menyumbang 1000 euro atau 2000 euro untuk memperlancar proses pembangunan gedung tsb. Jangka waktunya, TAK TERBATAS!! Pokoknya hingga pembangunan gedung tsb selesai.

Infak bisa disalurkan melalui saya.
Bila kawan-kawan berkenan untuk membantu, dapat menghubungi saya,
Reza di 0817.157.865

Proposal dapat disertakan bila kawan-kawan membutuhkannya.

sebagai catatan, saya sebenarnya bukan panitia dari pembangunan Gedung Taman Pendidikan Quran tsb. Dan sama sekali tidak menghasilkan keuntungan finansial apa pun bagi saya.
100% dana yang kawan-kawan sumbangkan, mengalir untuk biaya pembangunan gedung tsb! saya hanya berharap ini bisa menjadi sedikit bekal bagi saya di akhirat kelak.

Demi Allah, informasi ini shahih, dapat dipertanggung jawabkan dan tidak dibuat-buat.

Nah, siapa yang mau beramal? (n_n)


gambar diambil dari www.kloster-denkendorf.de/

Monday, September 22, 2008

Lintasan pikiran hari ini..


Assalamu'alaikum kawan..

Lintasan Pikiran Pertama

kawan, terhitung hari ini ramadhan tersisa 8 hari lagi.. mari manfaatkan dengan lebih optimal! akhir-akhir ini rasanya saya banyak berpikir tentang hari. tentang hari ini, hari kemarin, dan hari yang akan datang. Mungkin karena akhir2 ini banyak orang yang bertanya mengenai kesibukan. Biasanya saya jawab dengan sederhana: "sedang sibuk mencari kesibukan".. haha..

hari-hari tanpa kesibukan memang membuat kita berhitung lebih banyak ya? karena pikiran kita habis untuk berpikir mengapa hari ini terasa begitu membosankan.. mengapa kita merasa tidak produktif.. mengapa kawan yang lain terasa lebih beruntung.. dan mengapa-mengapa lainnya.

coba bandingkan dengan situasi ketika kita sedang disibukkan dengan hal-hal yang menyenangkan.tiada terasa bahwa waktu berlalu begitu cepat. bagi yang hobi dan senang main games misalnya. atau mungkin yang hobi berchatting ria.. tiada terasa satu jam, dua jam, tiga jam terlewati. nyaris tanpa keluhan yang berarti..

maka bersyukur kawan, ini waktunya untuk bergerak.. berinisiatif mencari kesibukan. Kayanya tulisan ini buat saya sendiri.. haha..

dulu ketika kecil, ketika saya sedang merasa kurang bersemangat, saya sering menulis surat untuk diri sendiri. berbicara jujur dengan diri sendiri. ujung2nya ya menyemangati diri sendiri.. haha.. bukan karena saya hidup di pelosok tak berpenghuni.. tapi rasanya nyaman sekali bila kita mampu berdialog dengan diri kita sendiri. mengalir, tanpa beban... mengambil jarak sejenak dari diri sendiri.. ah, sudah lama saya tidak menulis surat itu.


Lintasan Pikiran Kedua

sesak rasanya melihat semakin membingungkannya bangsa ini.. mulai dari peristiwa pembagian zakat di pasuruan yang menewaskan lebih dari 21 orang rakyat miskin.. aksi satpol pp sebagai abdi masyarakat yang kian jauh dari masyarakat.. pengelola arisan lebaran yang membawa kabur harapan berlebaran kaum miskin.. prokontra ruu pornografi yang nampaknya semakin tidak sehat, sampai dengan dua percal-percil sejoli anak smp di taman salman itb...

ini ramadhan bukan? bulan penuh hikmah.. bulan penuh ampunan.. bulannya kebaikan.. sedikit sekali yang memanfaatkan benar-benar bulan ini menjadi momentum taubat.. momentum untuk lebih cerdas... momentum untuk kembali kepada hati.. ingat mati..

sayangnya saya masih menjadi bagian orang yang terlalu banyak mengomentari.. belum menjadi praktisi yang melahirkan solusi.. ya, mudah2an melalui tulisan ini sedikit saya mencoba berkontribusi..


Lintasan Pikiran Ketiga


Salah seorang kawan, dengan penuh keyakinan bahwa pada tahun 2012 akan terjadi peperangan besar.. 25 juta manusia indonesia akan mati!! jangan tanya kepada saya apa alasannya. karena yang empunya pendapat berpesan agar saya tidak bertanya dari mana ia mendapatkan celetukan-nya.. pokoknya begitulah.
ajaib memang. tapi bukankah sudah banyak keajaiban yang tampak dimuka bumi ini..

Tadi Hj. Irene Handono menyampaikan sesinya tentang islam dan debu-debu fitnah yang menyertainya.. mencoba meluruskan kebenaran yang nampaknya semakin jarang terlihat. Mengenai kepicikan amerika.. mengenai busuknya konspirasi-konspirasi busuk mereka.. mengenai pelanggaran-pelanggaran HAM yang dilakukan oleh presiden "Semak" dan kroni-kroninya.. Laknat Allah atas mereka.

kok isi pikiran saya isinya begini semua ya? haha...

mohon doanya agar Allah segera memasukkan saya kembali ke "jalur cepat"...

bersyukur.. introspeksi.. menggagas dan langsung saja beraksi!!


produktif!

hari ini begitu luar biasa kawan!! esok hari akan lebih luar biasa! insya Allah...



selamat menjalani hidup kawan!=D

gambar diambil dari http://onemansblog.com/wp-content/uploads/2007/08/Idea_Light_Bulb.jpg


Sunday, September 07, 2008

Justru KOSONG yang sebenarnya BERISI...!!


Tiada terasa hari ini sudah hari ke delapan bulan ramadhan.. itu artinya lebih kurang dua minggu berlalu sejak rektor memindahkan tali topi toga saya ke sebelah kanan. Jujur, memang belum banyak kemajuan berarti yang saya buat selama lebih kurang dua minggu ini.
Saya memang mengambil sebuah keputusan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan kebanyakan kawan-kawan saya yang lain. Setelah lulus dari fakultas psikologi, saya memutuskan untuk memfokuskan diri dalam mencari dan mempersiapkan diri untuk meraih beasiswa S2 ke luar negeri. Mencari pekerjaan nampaknya tidak menjadi rencana utama dalam planning saya saat ini. Namun, di tengah perjalanan awal ini saya menyadari bahwa saya membutuhkan lebih banyak kesibukan. Ya.. mungkin saya rindu kesibukan yang dulu pernah saya rasakan semasa di kampus. Hari-hari di mana saya tenggelam dalam kesibukan akademis di kampus, maupun kesibukan sosial di organisasi yang saya ikuti.

Alhamdulillah saat ini Allah masih memberikan kepada saya kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi. Saya masih diberikan kepercayaan oleh beberapa orang sahabat untuk membantu beberapa proyek sosial mereka. Setidaknya ada dua kegiatan yang saat ini saya kerjakan sebagai proyek sosial yang saya jalani, dan keduanya luar biasa.. luar biasa karena keduanya membuat saya untuk membagi fokus diri, berpikir, merencanakan, mengarahkan dan mendengar lebih banyak lagi.

Jujur saya kagum dengan kawan-kawan yang mengiringi saya dalam proyek sosial ini. kesibukan mereka tentunya lebih padat dibandingkan saya yang masih berstatus sarjana "pengangguran" ini.. haha.. tapi mereka masih mau meluangkan waktu mereka untuk berbuat bagi orang banyak. Menjadi insan penebar kebaikan.
Sebagian di antaranya bahkan berusia jauh lebih tua dibandingkan saya. tetapi tidak ada sedikit pun kesombongan yang terpancar pada diri mereka.. tiada kesan meremehkan kepada yang lebih muda. satu sama lain saling menghargai. Sebagai salah satu pj di dalam tim, tidak jarang saya memberikan arahan kepada mereka. Terlepas dari lebih banyaknya pengalaman hidup yang telah mereka alami, mereka senantiasa mendengarkan dengan seksama dan memberikan sebuah kepercayaan yang baik bagi saya yang jauh lebih muda.
Mengalami kisah ini, saya teringat ketika dulu rasulullah meminta amru bin ash yang usianya masih sangat muda untuk memimpin sebuah pasukan yang didalamnya terdapat para sahabat sekaliber abu bakar dan umar yang dikenal jauh lebih senior berpuluh-puluh tahun di atasnya.. namun demikian, tiada berat hati seorang abu bakar maupun umar untuk sami'na wa atho'na (mendengar dan taat) kepada pemimpinnya meskipun mereka menyadari sepenuhnya bahwa amru bin ash masih sangat belia ketika itu. semoga kita semua bisa menjadi seperti mereka, para sahabat. amin

Pada titik ini, saya masih harus belajar untuk lebih banyak bersyukur.. namun, terkadang saya merasa bahwa sebagai seorang yang berada di dalam fase awal peralihan (kalau boleh saya sebut demikian) pada dunia pasca kampus, perjalanan saya terasa kurang afdhol bila belum ada pekerjaan yang menghiasi hari-hari. Pekerjaan yang saya maksud adalah pekerjaan yang memberikan lembaran-lembaran hijau untuk membeli sepiring nasi=D haha.. ya. seperti pekerjaan yang dilakukan oleh kebanyakan kawan-kawan saya. Mungkin yang saya cari bukan besarnya lembaran hijau yang saya terima, namun lebih kepada pemenuhan "tugas perkembangan" bagi pemuda seusia saya. Rasa senang dan puas ketika menerima amplop di bulan pertama bekerja. Sepertinya menyenangkan. haha...

Berkaitan dengan hal tersebut, dua hari yang lalu saya tersadarkan pada dua hal. Hal yang pertama adalah bahwa "saya belum melakukan apa pun untuk mendapatkan pekerjaan tersebut". Hal yang kedua adalah: makna "kosong" bagi diri.
Hal yang terakhir ini saya dapatkan dari salah seorang kawan saya yang tidak diragukan lagi keshalehannya.
Pada sore hari, dua hari yang lalu beliau memberikan sebuah tausiyah sederhana bagi saya dan beberapa orang kawan. Meskipun tidak sepenuhnya diarahkan kepada saya, namun berhasil membuat saya merasa sangat tersindir.. kurang lebih begini kata-katanya :

"sahabat sekalian, pada masa-masa ini (masa pasca kampus).. anda berada pada titik di mana anda terlepas dari berbagai kesibukan kampus yang dulu membuat anda menjadi besar. namun perlu anda sadari bahwa tidak sedikit orang-orang yang dulu dikenal besar di kampus, mengalami kegagalan ketika melangkah ke dunia sesudah kampus. Harus anda sadari bahwa saat ini gengsi anda masih terlalu tinggi. anda ingin menjadi besar seperti apa yang anda inginkan. sementara.. pada titik ini, anda belum bisa apa-apa! anda belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mendapatkan pekerjaan pada posisi yang tinggi. anda masih harus memulai kembali dari awal. satu-satunya solusi untuk membantu anda untuk keluar dari kondisi ini adalah dengan mengosongkan kembali diri anda. kosongkan kembali diri anda, sehingga anda siap untuk diisi kembali!"

Ucapan kawan saya ini membuat saya tersindir.. sangat tersindir. Saya kembali tersadar bahwa inilah dia hal yang selama ini belum saya sadari. Gengsi saya masih terlalu tinggi. Merasa "besar" dengan berbagai pengalaman yang saya dapatkan di kampus sehingga tanpa saya sadari, saya menolak untuk kembali mengosongkan diri. Astaghfirullah.. saya mohon ampun kepada Allah atas segala bentuk kesombongan diri. Mulai saat ini saya bertekad untuk kembali mengosongkan diri sehingga siap untuk diisi! insya Allah..

Semoga pesan ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua, terutama bagi kawan-kawan yang baru saja melepaskan "baju mahasiswa"-nya. sukses untuk Anda!

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips