Monday, September 22, 2008

Lintasan pikiran hari ini..


Assalamu'alaikum kawan..

Lintasan Pikiran Pertama

kawan, terhitung hari ini ramadhan tersisa 8 hari lagi.. mari manfaatkan dengan lebih optimal! akhir-akhir ini rasanya saya banyak berpikir tentang hari. tentang hari ini, hari kemarin, dan hari yang akan datang. Mungkin karena akhir2 ini banyak orang yang bertanya mengenai kesibukan. Biasanya saya jawab dengan sederhana: "sedang sibuk mencari kesibukan".. haha..

hari-hari tanpa kesibukan memang membuat kita berhitung lebih banyak ya? karena pikiran kita habis untuk berpikir mengapa hari ini terasa begitu membosankan.. mengapa kita merasa tidak produktif.. mengapa kawan yang lain terasa lebih beruntung.. dan mengapa-mengapa lainnya.

coba bandingkan dengan situasi ketika kita sedang disibukkan dengan hal-hal yang menyenangkan.tiada terasa bahwa waktu berlalu begitu cepat. bagi yang hobi dan senang main games misalnya. atau mungkin yang hobi berchatting ria.. tiada terasa satu jam, dua jam, tiga jam terlewati. nyaris tanpa keluhan yang berarti..

maka bersyukur kawan, ini waktunya untuk bergerak.. berinisiatif mencari kesibukan. Kayanya tulisan ini buat saya sendiri.. haha..

dulu ketika kecil, ketika saya sedang merasa kurang bersemangat, saya sering menulis surat untuk diri sendiri. berbicara jujur dengan diri sendiri. ujung2nya ya menyemangati diri sendiri.. haha.. bukan karena saya hidup di pelosok tak berpenghuni.. tapi rasanya nyaman sekali bila kita mampu berdialog dengan diri kita sendiri. mengalir, tanpa beban... mengambil jarak sejenak dari diri sendiri.. ah, sudah lama saya tidak menulis surat itu.


Lintasan Pikiran Kedua

sesak rasanya melihat semakin membingungkannya bangsa ini.. mulai dari peristiwa pembagian zakat di pasuruan yang menewaskan lebih dari 21 orang rakyat miskin.. aksi satpol pp sebagai abdi masyarakat yang kian jauh dari masyarakat.. pengelola arisan lebaran yang membawa kabur harapan berlebaran kaum miskin.. prokontra ruu pornografi yang nampaknya semakin tidak sehat, sampai dengan dua percal-percil sejoli anak smp di taman salman itb...

ini ramadhan bukan? bulan penuh hikmah.. bulan penuh ampunan.. bulannya kebaikan.. sedikit sekali yang memanfaatkan benar-benar bulan ini menjadi momentum taubat.. momentum untuk lebih cerdas... momentum untuk kembali kepada hati.. ingat mati..

sayangnya saya masih menjadi bagian orang yang terlalu banyak mengomentari.. belum menjadi praktisi yang melahirkan solusi.. ya, mudah2an melalui tulisan ini sedikit saya mencoba berkontribusi..


Lintasan Pikiran Ketiga


Salah seorang kawan, dengan penuh keyakinan bahwa pada tahun 2012 akan terjadi peperangan besar.. 25 juta manusia indonesia akan mati!! jangan tanya kepada saya apa alasannya. karena yang empunya pendapat berpesan agar saya tidak bertanya dari mana ia mendapatkan celetukan-nya.. pokoknya begitulah.
ajaib memang. tapi bukankah sudah banyak keajaiban yang tampak dimuka bumi ini..

Tadi Hj. Irene Handono menyampaikan sesinya tentang islam dan debu-debu fitnah yang menyertainya.. mencoba meluruskan kebenaran yang nampaknya semakin jarang terlihat. Mengenai kepicikan amerika.. mengenai busuknya konspirasi-konspirasi busuk mereka.. mengenai pelanggaran-pelanggaran HAM yang dilakukan oleh presiden "Semak" dan kroni-kroninya.. Laknat Allah atas mereka.

kok isi pikiran saya isinya begini semua ya? haha...

mohon doanya agar Allah segera memasukkan saya kembali ke "jalur cepat"...

bersyukur.. introspeksi.. menggagas dan langsung saja beraksi!!


produktif!

hari ini begitu luar biasa kawan!! esok hari akan lebih luar biasa! insya Allah...



selamat menjalani hidup kawan!=D

gambar diambil dari http://onemansblog.com/wp-content/uploads/2007/08/Idea_Light_Bulb.jpg


4 opini dari pembaca:

Anonymous said...

Semangat pak,

katanya musa sih, pas udah di jalur cepat pun, ada beribu ribu hal yang musti dijalani...

gue aja jadi rada sedih mikirin pisah sama banyak orang... hahaha... musti lebih banyak bersyukur emang...

Anonymous said...

di bukunya Eat, Pray, Love, waktu gak punya tempat untuk 'menasehati diri' secara objektif, akhirnya Elizabeth Gilbert nulis surat ke dirinya sendiri, kayak 'diri lain di dalam diri' untuk ngasih jawaban, mengingatkan, kalau diri kita, gak sendiri. diri kita sendiri itu, sahabat terbaik kita.

bingung ya? gak tau deh... hahaha...

reza fathur said...

ya justru betul tuh si teh elizabeth gilbert.. udah pernah buat surat untuk diri sendiri belum? menyenangkan sekaligus melegakan.

kalau dengan diri sendiri aja ga jujur, ke siapa lagi kita harus berlaku jujur..
diri ini kan selalu menyertai kemana pun kita pergi.

Anonymous said...

belom, baru mau nulis diari tentang harapan2 supaya visa cepet beres. pengen curhat ttg dubes jerman... hahahaha...

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips