Sunday, October 19, 2008

BUKU BIRU..

Beberapa waktu lalu saya menemani ibu ke gramedia, salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Saya membaca beberapa buku di antara ratusan judul buku yang tertata rapi diantara etalase yang tersedia di sana. Tapi sedikit berbeda kali ini saya mampir ke bagian buku yang berlabel "buku sosial politik terlaris".

Di sana saya menemukan sebuah buku bersampul biru yang berjudul : "PASTI BISA!"
Buku ini bertutur mengenai kisah di balik berita. Berita mengenai salah seorang yang dapat dikatakan sebagai tokoh Indonesia saat ini. Ditulis oleh seorang dekat yang menemani dari hari ke hari. Politis memang (mengingat pilpres 2009 sudah di muka) dan sangat mungkin tidak proporsional karena status penulis yang memiliki tugas untuk menampilkan citra positif sang figur. Tapi saya pikir tidak masalah, dan sah-sah saja. Kebetulan saya ingin (mencoba) melihat sisi positif beliau. Selama ini memang saya lebih banyak melihat dari sisi negatif.. sebuah konsekuensi yang timbul seiring dengan peran saya sebagai bagian dari sosial kontrol yang memang harus kritis dan konstruktif terhadap berbagai problematika bangsa.

Terlepas dari berbagai hal yang menghinggapi kepala saya ketika melihat buku ini,secara sederhana saya senang dengan buku ini. Ketertarikan saya pertama kali muncul ketika melihat kertas yang nyaman dibaca dan disertai foto-foto ekslusif di dalamnya.Selain itu, menurut saya ini termasuk buku yang tergolong cukup murah bila dibandingkan dengan buku-buku lain yang sejenis.

Terbersit bayangan, bagaimana rasanya menjadi pemimpin dari sebuah bangsa yang besar? kompleksitas di dalamnya, hari-hari yang dijalani, dsb. Terbayang betapa kompleksnya pengalaman saya sepanjang lima tahun terakhir sebagai abdi mahasiswa. Fiuh.. ternyata cukup menantang. Kalau tiada kawan-kawan yang setia & tulus ikhlas mengiringi, mungkin saya telah gagal dari dahulu. nuhun kawan!

btw kira-kira kenapa saat ini banyak orang yang berlomba menjadi presiden?
bukankah amanah itu sangat berat? ah.. semoga saja ini pertanda bahwa semakin banyak orang hebat di negeri ini. Semoga Indonesia tahun depan dapat menemukan sosok pemimpin yang amanah, shaleh, dan bekerja dengan ikhlas. amin

Apa ada yang berminat daftar menjadi the youngest next president? haha..

gambar diambil dari http://www.sulutlink.com/berita2008/buku.gif

REHAT SEJENAK...

Memberikan yang terbaik adalah salah satu hal yang menjadi kunci penting dalam hidup. Dengan mendengar kita menjadi tahu banyak hal, dengan melihat kita menjadi lebih banyak tahu, dan dengan berpikir kita menjadi tahu bahwa kita belum banyak tahu.
Inspirasi datang dari berbagai arah, tersedia untuk kita tangkap. Asalkan kita mau membuka hati dan melepaskan sejenak belenggu yang membatasi diri; keterbatasan, kemahatahuan, dan kekurangan.
Dengan berbagai nikmat yang kita rasakan, sungguh tiada berhak kita untuk tidak bersyukur. Mengapa kita tidak memilih untuk bersyukur.. seperti bersyukurnya manusia-manusia lapang, para pemimpin-pemimpin besar yang melayani dengan memberi lebih banyak lagi..

Topik ini yang akhir-akhir ini menghiasi kepala saya. Terkadang sejenak saya mencoba menerka, bagaimana hidup saya akan berakhir.. dalam kelimpahan atau sebaliknya; berakhir dalam kehampaan. Dunia dan segala isinya memang benar-benar menggoda.. membuat saya tidak mau bergerak.Menikmati kenikmatan terkadang bisa sangat membahayakan!

Alasan inilah yang membuat saya seringkali tidak dapat menolak untuk memenuhi undangan dari kawan-kawan di kampus untuk berbagi (meskipun memang tidak banyak yang bisa saya bagi). Alhamdulillah melalui perantaraan mereka, saya diberikan sebuah kesempatan untuk belajar lebih banyak. Setidaknya saya sangat bersyukur, bahwa Allah memberikan saya kesempatan yang lebih banyak untuk mengatur waktu luang dibandingkan kawan-kawan yang sedang kuliah atau sudah bekerja.

Saya mendapat kabar bahwa hari ini salah seorang tetangga saya meninggal dunia. Padahal kemarin malam beliau masih tampak sehat dan berbincang cukup lama dengan bapak saya. Namun tadi pagi saya mendapatkan kabar bahwa beliau telah meninggal dunia.. sayangnya yang saya dengar beliau meninggal sesudah menenggak minuman keras. Sebuah kebiasaan yang tampaknya gemar dilakukan oleh beberapa orang di sekitar tempat tinggal saya ketika malam tiba. Padahal saya sering melihat ia shalat berjamaah di masjid dekat rumah. Akibat peristiwa ini, putri beliau tampak stress; mengurung diri di dalam kamar. Saya berdoa semoga keluarga almarhum dikuatkan dan ditabahkan. amin

Saya teringat pada apa yang disampaikan oleh bapak kosan saya yang lama ketika kemarin saya sempatkan bersilaturahim ke tempat tinggal beliau. Beliau mengatakan bahwa ada 4 makna dari musibah yang kita alami:
1. Musibah sebagai Ujian; ujian "kenaikan tingkat" keimanan
2. Musibah sebagai Teguran; teguran karena kita lalai dalam menunaikan kewajiban kita
3. Musibah sebagai Adzab; hukuman di dunia atas kelalaian yang kita lakukan
4. Musibah sebagai Penggugur Dosa; sarana untuk bertaubat

Dengan mengacu pada 4 makna ini, maka mungkin kita dapat mencoba untuk menerka kira-kira musibah jenis apa yang menghampiri kita? sebagai bahan introspeksi bagi jiwa.

wallahu'alam

Monday, October 06, 2008

sekilas tentang LEBARAN

Kabar Baik

  • Wisata Kuliner rendang, opor, ayam gorng, ketupat, kerupuk, kue, cemilan, dsb
  • Mudik! harus siap mental dan materi, enak di rumah aja
  • Oleh-oleh dari kampung hasil berbagi dengan yang mudik=b
  • Dapet angpao tahun ini ga dapet nih.. hehe
  • Silaturahmi antarkeluarga bertukar kabar, topik tetap: udah lulus? udah kerja? kapan nikah? mm.. ya.
  • Waktunya mencari rute baru jadi supir keluarga, nambah wawasan, rute hari ini kemana ya?
  • Momen untuk memaafkan sms, pas banget untuk minta maaf tanpa perlu sebutin kesalahan kita apa=b
  • Mendengar cerita Tempo Doeloe perjuangan sesepuh, anak muda kalah semangat nih..
  • Waktunya berbagi doa alhamdulillah banyak yang ngedoain.. amiin..
  • Parsel! ga boleh nih buat pejabat=b ga sebanyak tahun sebelumnya..
  • Ziarah kubur banyak mengingat mati...
  • Ketemu anak kecil yang lucu-lucu indahnya dunia...
  • Sejenak lepas dari rutinitas santai dulu ah..


Kabar Buruk
  • Ibu-ibu ngerumpi kejelekan saudara yang lain kebiasaan ibu-ibu kalo lagi pada ngumpul..
  • Pesta petasan hobi yang ga baik, buang-buang uang
  • Kehilangan Tempat Tinggal kebakaran karena lupa matiin kompor, digusur satpol pp, pasar sengaja dibakar (bikin mall!)
  • Hitung menghitung kunjungan dia ga pernah ngunjungin kita, kita terus yang ngunjungin dia.. loh?
  • Momen untuk menghindari orang yang tidak disukai masih belum bisa maafin nih..
  • Berlebaran dalam kondisi emosi yang negatif boke, kesel, panas, efek ngerumpi, pengurus makam ga bener!
  • Banyak Foto Kampanye 'pengusir nyamuk' males bener.. adakah cara lain yang lebih menarik?
  • Akankah bertemu Ramadhan di tahun yang akan datang? semoga.. amin
  • Pulsa habis.. resiko pengangguran=b hehe..
  • Jalanan macet! tumplek di satu tempat.. aneh, kok pada ga mudik ya?=b
  • Harga tiket mahal! meraih untung sebesar-besarnya untuk kemakmuran sendiri..
  • Jalanan rusak supir taksi bertanya: "jembatan di jalur pantura udah bertahun-tahun kok ga selesai-selesai ya?"
  • Masih banyak yang ga seberuntung kita bagaimana caranya untuk memproduktifkan mereka?
  • Milis sepi ga ada berita baru, belum ada warnet di kampung=b hehe..
  • Berat badan naik? kendalikan porsi lahapan, puasa syawal aja!
  • Liburan udah abis! haha.. waktunya untuk kembali beraktivitas, kerjaan numpuk=b
  • Banyak kecelakaan supir bis ngantuk, pengendara motor bertambah
  • Lebaran nih? makian pengendara di jalan, jangan kasih jalan untuk orang lain, kurang sabar

Makna Lebaran..


Lebaran adalah salah satu hari yang paling istimewa bagi umat muslim sedunia, tidak terkecuali umat muslim di Indonesia. Lebaran bisa berarti saatnya untuk mudik di kampung halaman, sesaat menikmati keberhasilan( yang dicapai selama lebih kurang satu tahun di kota besar, tempat bekerja) dengan sanak keluarga. Lebaran juga dapat berarti sebagai saatnya untuk 'berwisata kuliner' sembari berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain, mengunjungi saudara yang (terkadang) hanya 'sempat' dikunjungi satu tahun sekali. Bagi sebagian yang lain, lebaran juga berarti baju baru.. atau waktunya untuk bermain petasan. Dan masih banyak lagi makna lebaran bagi umat muslim di Indonesia.

Kita memang tidak sedang berbicara mengenai sukses atau tidaknya puasa Ramadhan bagi setiap orang, karena hal tsb tampaknya adalah bagian yang sangat pribadi antara Tuhan dengan hambaNya. Dalam istilah psikologi, mungkin hal ini termasuk ke dalam covert behavior; sesuatu yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Yang ingin saya bagi dalam tulisan ini adalah pandangan saya yang terkait dengan overt behavior, perilaku yang tampak oleh mata kepala saya dalam konteks pengalaman dalam berlebaran. Lebaran memang unik. Saya menemukan banyak inspirasi dan fenomena yang saya pikir layak untuk kita cermati, dan kalau memungkinkan dapat kita renungi bersama.

lebaran bagi saya adalah sebuah momentum untuk mengingat kebaikan. bagaimana tidak, semenjak lebih kurang lima hari sebelum lebaran saya mulai menerima berbagai variasi sms yang intinya mengucapkan selamat idul fitri dan permohonan maaf. Mulai dari orang-orang yang saya kenal di kampus, orang-orang yang saya kenal ketika saya beraktivitas di organisasi, kawan-kawan seperjuangan, sampai dengan orang yang kurang saya kenal namun mereka tetap bersedia meluangkan sebagian waktu mereka yang sangat berharga untuk mengirimkan sms kepada saya. Seluruhnya saya upayakan untuk dibalas satu persatu..

Budaya sms di waktu lebaran ini, setidaknya mengingatkan saya akan dua hal. Yang pertama berkaitan dengan 'mengingat dan diingat', dan yang kedua berkaitan dengan 'kita dan orang-orang di sekitar kita'.

Apa kira-kira yang kawan-kawan rasakan bila kawan-kawan mendapatkan sms dari orang yang sangat kawan-kawan hormati, yang sepertinya tidak mungkin mengingat kita untuk dimasukkan ke dalam daftar list sms lebaran yang akan beliau kirimkan? tampaknya kita akan bertanya-tanya bagaimana mungkin beliau bisa mengingat kita.. sebuah perasaan senang karena merasa 'diingat'. mengapa? karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk 'diingat'. hanya sebagian orang yang dianggap penting, berarti atau bermakna yang akan beliau ingat. bukan begitu kawan? kalau demikian dapatkah berapa banyak jumlah sms yang masuk ke hp kita menjadi indikator seberapa besar makna kita bagi orang lain? atau juga sebaliknya, seberapa banyak sms yang kita kirimkan merupakan indikator seberapa besar makna orang-orang di sekitar kita bagi diri kita..

Oleh karena itulah, mendekati hari lebaran saya mulai mengingat-ingat siapa saja orang-orang yang masuk ke dalam daftar list sms lebaran. orang-orang yang telah berbagi kebaikan, mendoakan dan memiliki andil besar bagi saya untuk sampai pada hari ini. Inilah momentum bagi saya untuk mengingat kebaikan orang-orang di sekitar saya. Memang tidak bisa semua. mengingat keterbatasan pulsa juga.. bayangkan saja, untuk kawan-kawan di BEM KEMA Unpad saja ada lebih kurang 120 orang. Ga kuat.. Untuk kawan-kawan yang tidak mendapatkan sms dari saya, mohon maaf ya.. berpositif thinking bahwa sms dari saya mungkin tidak sampai =D Saya sudah mengirimkan via milis bagi kawan-kawan semua.

Sebagian orang yang saya kirimkan sms, memang tidak membalas. Tapi saya pikir tidak masalah. Mungkin mereka bermakna bagi saya, namun tidak sebaliknya. hehe.. ini pikiran buruk. ga boleh! ya, mungkin mereka sudah mengirimkan sms balasan, namun karena jaringan XL yang sering error jadi tidak sampai ke hp saya. ini yang lebih positif. alhamdulillah..

jadi, apa yang kawan-kawan lakukan ketika menerima begitu banyak sms menjelang lebaran tiba? bersyukurlah.. banyak orang yang menganggap bahwa kawan-kawan adalah orang yang sangat berarti dan bermakna bagi sang pengirim. Jangan sampai tidak menyempatkan waktu untuk membaca karena menganggap terlalu banyak.. dengan membaca setidaknya kita telah memberikan penghargaan yang cukup atas kesediaannya untuk memasukkan kita ke dalam daftar list sms di antara sekian banyak sms yang harus ia kirimkan pada hari itu!

ngomong-ngomong, berapa ya keuntungan para perusahaan penyedia jasa sms ketika lebaran tiba?

gambar diambil dari: http://www.propakistani.com

How many days I have lived?

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips