Monday, November 17, 2008

catatan ringan..

ini mungkin catatan ringan saya yang pertama di blog ini (setidaknya yang saya ingat). mudah-mudahan tidak menjadi sebuah tulisan yang berat bagi Anda. Terkadang saya mencoba membaca kembali tulisan saya, mencoba mengambil jarak dari diri saya sendiri. Semoga dengan sedikit mengambil jarak dari diri saya sendiri, saya bisa lebih mengenal lebih dekat diri yang selama ini menemani hari-hari saya,hampir 23 tahun lamanya. Setidaknya itu yang saya baca dalam salah satu buku yang dulu sekali pernah saya baca.Sayang saya lupa judul dan nama pengarangnya.

tapi bukan itu inti dari pembicaraan kita hari ini. saya membaca, dan membaca kembali. dan saya menemukan bahwa tulisan saya sudah jauh lebih "rumit" dibandingkan di waktu awal saya menulis dulu. ya, mungkin karena seiring dengan berjalannya waktu saya menjadi tidak sepolos dahulu. oleh karena itu, saya ingin menghabiskan waktu kali ini dengan membuat sebuah catatan ringan. semoga=D

Bandung hari ini kembali hujan seperti biasanya. Suasana menjadi sedikit lebih segar, basah di mana-mana. Mungkin ini salah satu hal yang membuat saya cinta kota ini. Bahkan mungkin lebih daripada cinta saya kepada kota kelahiran saya di jakarta sana. Sudah cukup lama saya tidak pulang.. ah, tapi saya rasa bandung memang lebih lapang. walaupun sekarang mobil-mobil sudah semakin penuh, saya berharap bandung tidak menjadi lebih ramai. Semoga pemkot Bandung menaruh perhatian yang lebih besar mengenai pembatasan jumlah kendaraan. Menjadi contoh yang baik sesekali saya pikir tidak ada masalah=D ah, kok jadi sedikit berbau politis.
kita berganti topik saja lah. haha..

Alhamdulillah, kini saya sedang menikmati hari-hari saya sembari menunggu waktu keberangkatan saya menuju negeri sana. Bila Tuhan berkenan, saya berencana untuk meneruskan pendidikan saya di bagian bumi yang lain. Tapi saya hanya bisa berencana, mengupayakan yang terbaik. Sisanya mungkin dengan banyak bantuan dan doa dari kawan-kawan, Tuhan kan benar-benar mendengar dan mengabulkan permintaan saya.
Saya ingin menambah wawasan saya. sebagian di antaranya mungkin semacam aktualisasi diri. untuk membuat diri ini menjadi terasa lebih baik dibandingkan sebelumnya. mudah-mudahan saya bisa berbuat lebih banyak untuk sesama kelak.

Dulu, ketika masih di kampus saya sering berpikir tentang idealisme dan realita. bagaimana kita akan menjadi. Dan kini saya benar-benar baru saja memulai langkah untuk menghadapi. Semoga saja, masih tetap begitu. Semangat muda! haha..

Pada sebuah kesempatan di kelilingi kawan-kawan mahasiswa, saya pernah berbincang dengan abah iwan, salah seorang tokoh yang saya hormati, mengenai konsep tua dan muda. Beliau kurang sepakat dengan dikotomi yang saya sampaikan mengenai tua dan muda. Sampai sekarang saya masih meyakini, bahwa sebagian orang tua yang memimpin bangsa ini kehilangan semangat mudanya. Maksud saya, pikiran tua yang mereka miliki memang begitu kaya dengan wawasan dan pengalaman. Namun, di sisi lain hal ini membuat kepala mereka menjadi terlalu kompleks. kehilangan simplisitas. di sinilah kaum muda berperan. menurut saya.
Ketika sesuatu menjadi terlalu kaku dan dingin, maka saatnya kaum muda yang mengaliri dengan kehangatan. agar sedikit lebih cair=D haha..

hal-hal 'sederhana & nyata' yang dilakukan secara konsisten kelak akan menjadi 'besar & luar biasa'.. begitulah yang saya yakini.

jadi kawan, mari kembali kembali segarkan diri kita. mungkin kini kita lupa bahwa dulu kita pernah kecil. berpikir sederhana. tidak ada salahnya bukan untuk mencoba?

jadi sebenarnya ke mana arah pembicaraan ini?=D
haha..

terima kasih atas waktu yang diberikan untuk berbagi.. mohon terus ingatkan saya!

terus bergerak kawan!


salam hangat

2 opini dari pembaca:

Rizal Affif said...

Wah ada yang layak dikomenin neh :p nah kan kamu tinggal berangkat ke negeri sana? Jadi ngapain lagi kamu masih nanya2 lowongan kerja di sini heh???

Iya, Za, dikau tampaknya memang perlu belajar untuk berpikir sederhana. We all do :) yuk sama-sama kita sederhanakan lagi pemikiran kita, tanpa menanggalkan kekritisan pada hal-hal kompleks.

... karena orang malas membaca atau mendengarkan hal-hal kompleks. Kalau hal kompleks disampaikan secara sederhana, hmm... pasti menarik :)

reza fathur said...

haha.. amin zal. Sebenarnya bukan "tinggal berangkat" karena masih ada beberapa tahapan perjuangan yang harus dilewati. jadi saya mencari kesibukan lain untuk mengisi waktu-waktu yang masih luang, misalnya dengan kerja part time atau yang semisalnya. begitu pak..
anyway, nuhun atas masukannya

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips