Monday, January 19, 2009

Menanti Kesungguhan Nurani Obama...

Selasa besok, 20 januari 2009 pukul 22.30 WIB kita akan menyaksikan prosesi inagurasi Obama sebagai Presiden AS. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, setidaknya akan ada aksi mahasiswa yang akan dilakukan di depan Gedung Sate, Bandung untuk menyikapi pelantikan tsb.

Masyarakat dunia, khususnya Indonesia memang berhak untuk merespon peristiwa ini dengan berbagai cara pandang dengan kelebihan dan kekurangannya masing. Dan saya pun memiliki cara pandang saya sendiri terhadap presiden AS.

Kontradiktif. Itu mungkin kata pertama yang terpikir oleh saya dalam menyikapi Obama. Bukan karena ia dikabarkan menggunakan pola konvensional dalam merangkai kabinetnya, tapi lebih kepada perkataan dan perbuatannya. Memang belum banyak yang ia perbuat, dibandingkan dengan perkataannya. Namun, tetap saja sampai dengan saat ini pernyataannya tetap mengundang tanya.

Utamanya mengenai sikapnya thd kekerasan & kejahatan perang. Nampaknya tidak jauh berbeda dengan G.W Bush. Fakta yang kita peroleh: "mengurangi jumlah pasukan di Irak, namun menambah jumlah pasukan di Afganistan"; "memotong pengeluaran yang tidak perlu untuk menghadapi krisis dan mensubsidi pajak warga miskin, namun menambah anggaran untuk belanja militer; selain itu, obama juga belum membuktikan statementnya, "Restore our moral standing": hingga kini belum ada respon yang menyejukkan mengenai konflik di Palestine.

Geram sekali saya ketika dua hari yang lalu saya mendengar paparan ketua BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) yang baru saja pulang dari Timur Tengah, usai mengantar bantuan kemanusiaan dari Indonesia. Salah satu hal yang benar-benar mengusik saya adalah apa yang beliau sebut dengan "perjanjian Camp David" (Camp David Accord).

Perjanjian ini dilakukan oleh Mesir (Anwar Sadat) dan Israel (Menachem Begin) pada 17 september 1978 dengan perantara Jim Carter, Presiden AS saat itu. Hingga kini, Israel dan Mesir masih mendapatkan subsidi sekian puluh miliar dollar dari AS sebagai kompensasi demi terlaksananya perjanjian tsb (Apa sebenarnya kepentingan AS?). Sejak saat itu, hingga kini perjanjian tsb telah menyebabkan perpecahan di antara bangsa-bangsa arab. Utamanya karena sebagian besar negara Arab memandang bahwa Mesir tidak memberikan tekanan yang memadai terhadap Israel dalam menyelesaikan permasalahan dengan rakyat Palestina. (baca: http://en.wikipedia.org/wiki/Camp_David_Accords#Terms_of_the_agreements).

Kembali ke cerita ketua BSMI tadi, perjanjian ini membuat tim khusus pembawa bantuan kemanusiaan Indonesia harus berputar rumit ke Kairo (8 jam perjalanan ke Rafah), padahal perjalanan dari pelabuhan tempat tim dari Indonesia berlabuh ke Rafah (perbatasan palestina-mesir) dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan. Di Kairo, urusan pun semakin berbelit. Wakil menteri luar negeri mesir mengatakan bahwa "karena palestina adalah wilayah jajahan, maka Anda harus meminta izin kepada 4 pihak: Mesir, Israel, PBB dan Uni Eropa!". Entah bagaimana reasoningnya, tapi yang jelas saya sudah semakin lelah mendengarnya. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi warga Palestine.amin

Fakta-fakta di atas memberikan sebuah keraguan bagi saya (secara pribadi) mengenai realisasi slogan "Change We Can" yang ia usung. Mengingat betapa ironisnya beliau. Melalui forum ini, justru saya ingin bertanya pada Obama: "Can We Change?"

5 opini dari pembaca:

....WasiL.... said...

ya ampun, udah lama ya tnyata ga berbincang denganmu,, ^_^
gimana kabar bos ?
rencana buat bln april nnti apa ?? ;)

reza fathur said...

Alhamdulillah baik sil.. april emang ada apaan?=b ya. mungkin menjadi warga negara yang baik aja.. haha..

Sekarang fokus ke S2 dan pengembangan diri aja.

Kapan nih blognya diupdate?
kemarin pada kumpul di tempat panji ya? sukses ya!

panjita ebonk said...

hahahha... Gosssiipp Abbeezzzz...
apanya yang kumpul di tempat Panji...

kecuali rumah gw uda pindah ke Solaria Plaza Semanggi....

Huehehehehehehehe....

reza fathur said...

mmhh.. payah deh.. informan gw emg sering ga valid tuh infonya! gw udah kasih korek kuping gratis ke dia.. eh malah dia bilang, "kayanya suaramu itu kok ga bulat ya Za? nanti deh aku tanya..". He...??=b

Ya,you know who lah..=D

....WasiL.... said...

wah, sapa tu terpidananya ?
menyebarkan berita yg tidak jelas, dakwaannya bisa hukum traktir 3 hari 3 malam tuh =D
*seru kali yak kl ada hukuman kaya gitu ??*

kmrn kumpulnya di solaria plangi kali za..

april kan ada ultah gw, gimana siy masa ga inget ?? ;)
taelah, jadi malu neh, nampak mantap sekali fokusnya, hehehe... pengembangan diri, keren..

iya neh za, gw udah lama bgt yak tidak mempedulikan blog gw ini,, sibuk mencari kesibukan siy gw, hehe..

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips