Saturday, February 28, 2009

Beragam Cara untuk Berbagi...

Bismillahirrahmanirrahiim....

Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lama tidak menulis, saya bisa kembali meluangkan waktu untuk kembali berbagi.
Tema tulisan ini sebenarnya sederhana, tentang beragam cara untuk berbagi. Setiap orang (yang ingin berbagi) memiliki beragam cara untuk menyalurkan keinginannya untuk berbagi. Dan ternyata, berbagi ini tidak terikat atau tergantung kepada sedikit atau banyaknya materi. Namun, satu hal yang menjadi kesamaan di dalam hati mereka: hati yang kaya dengan rasa peduli terhadap sesama.

Berbagi tentunya tidak perlu terkendala dengan harta. Bahkan Rasulullah SAW pernah menghibur sahabatnya yang tidak memiliki harta benda sama sekali, namun memiliki motivasi yang tinggi untuk turut berbagi seperti para sahabat lain yang memiliki kecukupan harta. Beliau kurang lebih berkata, "memaafkan orang lain itu pun sedekah=D". Maka orang itu pun kembali bersemangat untuk lebih banyak bersedekah dengan memaafkan orang lain.

Sungguh menenangkan ketika kita menemukan orang-orang yang memiliki kerendahan hati dan ketulusan untuk membantu sesama di tengah berbagai kondisi negatif yang menghiasi negeri ini. Seperti Ibu Murni, yang tinggal beberapa meter dari perempatan lampu merah tol pasteur. Di sebuah bilik tembok yang berukuran lebih kurang 4 X 3 m, beliau tinggal bersama dengan ketiga orang buah hatinya. Namun, di tengah segala keterbatasan, beliau senantiasa menyambut kami (yang beberapa waktu lalu melakukan penelitian tentang anak-anak jalanan di sana) dengan segelas kopi susu hangat atau segelas teh botol dingin sebagai penyejuk dahaga. Dan tidak pernah merelakan kami untuk membayar minuman tsb.. Setiap kali kami datang, beliau selalu menyambut dengan ramah. Di tengah keterbatasan ekonomi yang beliau hadapi, beliau bahkan mungkin lebih kaya dari kebanyakan kita.. kekayaan hati beliau benar-benar membuat saya malu. Jujur, saya benar-benar malu. Semoga Allah senantiasa merahmati beliau. Semoga keinginan beliau untuk mendapatkan modal dan membuka sebuah warung nasi bisa terwujud. amin.

Lain pula cara sekelompok anak-anak orang kaya di bilangan cinere, jakarta. Saya bersyukur ini benar-benar terjadi.. di sela-sela penayangana berbagai sinetron sarat kemewahan yang menampilkan anak-anak orang kaya dengan mobil-mobil dan rumah mentereng yang angkuh sikapnya kepada sesama, mereka benar-benar membuktikan bahwa tidak semua "anak orang kaya" itu lupa diri dan tinggi hati.

Tahukah kawan-kawan bagaimana cara mereka berbagi? sungguh unik.. setiap weekend sekelompok anak muda ini berpakaian perlente lengkap dengan mobil mewah mereka datang ke hotel-hotel berbintang di bilangan jakarta. Untuk apa? mereka bilang, kalau mereka tidak berpakaian demikian, mana mungkin mereka bisa masuk ke pesta-pesta "penuh gizi" di hotel-hotel mewah tsb. Namun, berbeda dengan para tamu VIP yang hadir malam itu.. mereka membungkus sisa-sisa makanan bekas pesta dan menyisihkan makanan-makanan mubazir yang tidak sempat dicicipi oleh orang-orang yang hadir di pesta tsb. Mereka melakukan hal yang sama di beberapa pesta malam itu.. Dan kemudian: mereka membagi makanan tsb ke anak-anak jalanan di bawah kolong jembatan.. gelandangan-gelandangan yang lama tidak makan.. melalui uluran tangan mereka, Allah berikan limpahan rizki dan kasih sayang kepada kaum terpinggir jakarta. Dan ini benar-benar terjadi! Mungkin amal mereka ini, membuat mereka lebih layak untuk memasuki pintu surga lebih dulu dibanding kita semua. Luar biasa!
Semoga Allah merahmati mereka. amin.

Kawan, ternyata ada beragam cara untuk berbagi.. tak terbatas pada kekayaan, jabatan atau siapa pun kita.. kalau demikian kawan, "Sudahkah kita memiliki cara untuk berbagi?"

Salam hangat untuk kawan-kawan semua.

wassalam


picture taken from http://www.onelegacy.org


2 opini dari pembaca:

Anonymous said...

nice..
ehm, tapi anaknya bu murni teh ada 4 za (ada yg ga kehitung atau belum kenal nih?)
jadi inget slogan duet brg panji dulu "dengan berbagi, kita menjadi makin berisi"

berbagi ilmu lah, plg ga di alun2 ya =D

reza fathur said...

oh ada empat ya? saya kenalnya cuma 3 orang=b haha.. minggu lalu saya bantu di alun2, tp blm tau untuk minggu ini. sedang diusahakan.. mudah2an bisa fix jadwalnya.
sayangnya kawan-kawan di jtngr yang saya ajakin masih terkendala jarak.. "jauh..!" kata mereka.

kumaha dgn tawarannya?udah direspon? Smg diberikan yang terbaik ya!

Quote of The Day :

"Mantapkanlah diri untuk mengakui kealfaan diri saat kritikan tajam datang menyapa.. terasa berat,namun sesungguhnya meringankan!"

Label Cloud


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips